TUGAS TIK
MATEMATIKA BUKAN SETAN
Disusun
oleh
Rudi
Suciyanto
24 /
XI IPA 3
SMA
NEGERI 2 UNGARAN
2012
/ 2013
DAFTAR ISI
Halaman
Judul
Kata
Pengantar .......................…………………………………… ……… i
Daftar
Isi ..….……………………..……………………………… ……… ii
Bab
I Pendahuluan ……………………………………………….. ……… 1
- Latar Belakang …………………………………………… ……… 1
- Rumusan Masalah ……………………………………… ……… 2
- Tujuan ……………………………………………………. ……… 2
Bab
II Pembahasan ……………………………………………….. ……… 3
- Pengertian Matematika …………………………………… ……… 3
- Matematika Dalam Kehidupan Sehari-hari ………………. ……… 5
- Pengaruh Matematika Dalam Perkembangan Teknologi … ……… 7
- Manfaat Mempelajari Matematika ……………………….. ……… 8
Bab
III Penutup …………………………………………………... ……… 9
- Kesimpulan ………………………………………………. ……… 9
- Saran ……………………………………………………… ……… 9
DAFTAR
PUSTAKA ……………………………………………. ……… 10
KATA PENGANTAR
Syukur alhamdulilah saya panjatkan kepada Allah SWT, karena limpahan
rahmat dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul
“MATEMATIKA BUKAN SETAN” telah selesai dengan tepat waktu. Selain itu saya
ucapkan terima kasih kepada bapak/ibu guru yang telah membimbing dalm penulisan
makalah ini.
Sering kita mendengar bahwa para siswa sangat takut dengan pelajaran
matematika. Bagi sebagian siswa matematika adalah pelajaran yang sulit.
Berdasarkan keterangan tersebut maka saya buatlah makalah dengan judul
“MATEMATIKA BUKAN SETAN” agar para siswa tidak menganggap matematika itu sulit.
Nantinya setelah membaca makalah ini para siswa menganggap bahwa matematika itu
menyenangkan. Selain itu, makalah ini dibuat untuk memenuhi nilai mata pelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Akhir kata, semoga makalah yang berjudul “MATEMATIKA BUKAN SETAN” bermanfaat bagi penulis dan para pembaca.
Ungaran,
28 September 2012
Penulis
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pelajaran matematika sudah menjadi momok bagi kalangan
pelajar di Indonesia.
Apalagi ditambah dengan guru yang mengajarkan sangat tidak enak. Maka siswa
merasa bahwa dirinya sedang mengalami suatu masalah yang sangat mengerikan.
Kebiasaan para siswa tersebut kini membudaya, mengakar dan menjadi suatu
kepercayaan bahwa “matematika adalah musuh” dan ada yang beranggapan bahwa
“matematika adalah setan”.
Sebenarnya matematika bukan pelajaran yang menakutkan,
melainkan contoh phobia atau rasa takut terhadap matematika. Rasa takut
tersebut dapat diartikan bahwa seseorang takut mengerjakan soal matematika
karena ia takut akan kegagalan atau salah.sehingga seseorang harus mempunyai
keberanian dan percaya diri agar dapat mengerjakan soal matematika.selain itu
juga para siswa harus ada niatan untuk berlatih soal-soal matematika agar dapat
menguasai teknik-teknik mengerjakan matematika secara mudah.
Faktor yang lain yang mempengaruhi siswa takut akan
matematika adalah guru. Guru sangat berpengaruh terhadap daya tangkap siswa.
Mungkin saja gurunya kurang pintar dalam menerangkan, tidak berwibawa, tidak
menyenangkan dan sifat-sifat buruk lainnya yang membuat siswa menjadi bosan.
Menanggapi perihal tersebut ingatlah bahwa “guru juga manusia”. Seandainya di
dalam kelas belum mampu menangkap apa yang diajarkan, maka siswa harus berperan
aktif, seperti berani untuk bertanya atau tidak bertanya kepada guru lain di
luar sekolah.
Untuk mengatasi masalah-masalah yang terangkum diatas
maka dibuatlah makalah ini yang nantinya akan menerangkan tentang pengertian
matematika, pengaruh matematika terhadap kehidupan sehari-hari, dan peranan
matematika dalam perkembangan teknologi. Sehingga para pembaca mengetahui arti
penting matematika.
Dengan membaca makalah ini diharapkan para siswa atau
pembaca lain tidak beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sangat
sulit dan siswa harus menganggap bahwa matematika itu menyenangkan.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apakah pengertian matematika itu?
2.
Apakah rumus matematika yang digunakan dalam kehidupan
sehari-hari?
3.
Apakah pengaruh matematika dalam perkembangan
teknologi?
4.
Apakah manfaat mempelajari matematika?
C.
Tujuan
Penulisan makalah ini didasarkan pada tujuan tertentu
yang dibagi menjadi 2, yaitu :
1.
Bagi Penulis
a.
Mengetahui metode penulisan makalah yang benar,
b.
Mengetahui pengertian matematika,
c.
Mengetahui rumus matematika yang digunakan dalam
kehidupan sehari-hari,
d.
Mengetahui pengaruh matematika dalam perkembangan
teknologi,
e.
Mengetahui manfaat mempelajari matematika,
f.
Memenuhi tugas pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi.
2.
Bagi Pembaca
a.
Mengetahui pengertian matematika,
b.
Mengetahui rumus matematika yang digunakan dalam
kehidupan sehari-hari,
c.
Mengetahui pengaruh matematika dalam perkembangan
teknologi,
d.
Mengetahui manfaat mempelajari matematika.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Matematika berasal dari bahasa latin manthanein atau mathema yang berarti belajar atau hal yang dipelajari. Matematika
dalam bahasa Belanda disebut wiskunde atau
ilmu pasti, yang semuanya berkaitan dengan penalaran. Istilah matematika
menurut bahas Yunani adalah mathematikos
ialah ilmu pasti, dari kata mathema
atau mathesis yang berarti ajaran,
pengetahuan, atau ilmu pengetahuan.
Matematika adalah salah satu pengetahuan tertua,
terbentuk dari penelitian bilangan dan ruang. Matematika adalah suatu disiplin
ilmu yang berdiri sendiri dan tidak merupakan cabang dari ilmu pengetahuan
alam. Matematika merupakan alat dan bahasa dasar banyak ilmu.
Menurut Roy Hollands ”matematika adalah suatu sistem
yang rumit tetapi tersusun sangat baik yang mempunyai banyak cabang. Pada suatu
tingkat rendah ada ilmu hitung :
1.
Aljabar adalah bagian dari matematika dan perluasan
dari ilmu hitung, yang banyak digunakan diberbagai bidang disiplin lain, misal
fisika, kimia, biologi, teknik, komputer, industri, ekonomi, kedokteran dan
pertanian,
2.
Ilmu ukur, tetapi setiap ini telah diperluas pada
tingkat yang lebih tinggi dan banyak cabang baru yang bertambah, seperti :
a.
Ilmu ukur segitiga, topologi (cabang-cabang matematika
yang mempelajari posisi dan posisi relatif unsur-unsur dalam himpunan),
b.
Mekanika (suatu cabang ilmu yang mempelajari kerja gaya terhadap benda,
kesetimbangan dan gerakan),
c.
Dinamika (mempelajari penyebab dan sebab benda-benda
nyata bergerak),
d.
Statistika (cabang matematika yang menangani segala
macam data numeris yang penting bagi masalah dalam berbagai cabang kehidupan
manusia, misal cacah jiwa, angka kematian, angka produktivitas, pertanian,
angka perdagangan),
e.
Peluang (kebolehjadian atau angka banding banyaknya
cara suatu kejadian dapat muncul dan jumlah banyaknya semua kejadian yang dapat
muncul),
f.
Analisis (cara memeriksa suatu masalah, untuk menemukan
semua unsur dasar dan hubungan antara unsur-unsur yang bersangkutan) dan
g.
Logika, dan banyak lagi yang lainnya.
Secara luas matematika tidak hanya berhubungan dengan
bilangan-bilangan tetapi lebih luas ia berhubungan dengan alam semesta. The Liang Gie mengutip pendapat seorang ahli
matematika bernama Charles Edwar
Jeanneret yang mengatakan: ”Mathematics
is the majestic structure by man to grant him comprehension of the universe”,
yang artinya matematika adalah struktur besar yang dibangun oleh manusia untuk
memberikan pemahaman mengenai jagat raya.
Belajar matematika dan tidak sama dengan belajar
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PKN, maupun IPS, itu dikarenakan matematika
dan mempunyai karakteristik/ciri tertentu yang membedakannya dengan mata
pelajaran lain. Ciri tersebut antara lain:
1.
Objek penbicaraannya abstrak,
2.
Pembahasannya mengandalkan tata nalar,
3.
Pengertian/konsep atau pernyataan/sifat sangat jelas
berjenjang sehingga terjaga konsistensinya,
4.
Melibatkan perhitungan/pengerjaan (operasi),
5.
Dapat dialihgunakan dalam berbagai aspek keilmuan
maupun kehidupansehari-hari
Jadi, belajar matematika harus merupakan belajar
bermakna, dalam arti setiap konsep yang dipelajari harus benar-benar
dimengerti/dipahami sebelum sampai pada latihan yang aplikasinya pada materi
dan kehidupan sehari-hari.
B.
Matematika Dalam Kehidupan Sehari-hari
Berbicara tentang Matematika tak akan pernah terlepas
dari kehidupan. Karena hampir dalam setiap aktivitas sehari-hari entah disadari
atau tidak kita pasti menggunakan Matematika. Mulai dari bangun tidur hingga
menjelang tidur lagi. Oleh karena itu, Matematika menjadi salah satu pelajaran
terpenting yang harus dikuasai oleh setiap orang yang ingin meraih sukses dalam
kehidupannya.
Dalam keahlian bermatematika kita dituntut untuk dapat
menyelesaikan masalah dengan benar, sekaligus kita diberi kebebasan untuk
menjawab dengan berbagai cara asalkan jawabannya benar dan dengan cara yang
benar. Seperti kata pepatah, “Banyak
jalan menuju Roma”. Namun, jika caranya salah atau salah dalam menuliskan
satu angka saja hasil akhirnya juga salah. Disini kita diminta untuk jujur
dalam menyelesaikan masalah yang ada dengan cara yang benar dan teliti. Jadi
fungsi matematika juga digunakan untuk menguji kejujuran seseorang.
Selain itu, banyak sekali manfaat dari aplikasi
matematika dalam kehidupan sehari-hari baik diterapkan dalam bidang ilmu
lainnya maupun dalam kehidupan sehari-hari, seperti :
1.
Aplikasi Aljabar bagi Ibu Rumah Tangga
Manfaat aplikasi Aljabar bagi ibu rumah tangga adalah
untuk memanajemen uang gaji, uang saku anak, uang sekolah anak, dll. Contoh
memanajemen uang bagi ibu rumah tangga adalah sebagai berikut:
Seorang Ibu setiap bulan mendapat gaji sebesar Rp
2.000.000,00. Ia diberi uang tambahan dari suaminya sebesar Rp 4.000.000,00 per
bulan. Dibutuhkan Rp 1.000.000,00 untuk uang belanja per bulan. Uang kesehatan
Rp 500.000,00 dan uang sekolah total dari ke-2 anaknya sebesar Rp 3.000.000,00.
Sang Ibu bingung, berapa uang saku perorangan yang harus ia berikan untuk kedua anaknya
tiap minggu tetapi uang per bulannya harus masih tersisa Rp 1.000.000,00 untuk
ditabung. Cara penyelesaian :
2.
Aplikasi Trigonometri
Dengan trigonometri kita dapat menentukan tinggi pohon
tanpa susah-susah mengukurnya. Dan kita juga mengukur ketinggian suatu menara.
Contoh: Seseorang melihat dari jarak 20 m suatu puncak menara dengan sudut
elevasi 60°. Tentukan tinggi
menara tersebut?
Gambar 1.1
Jawab:
|
1,73
(20) = t t
= 34,6 m
C.
Pengaruh Matematika Dalam Perkembangan Teknologi
Pelajaran matematika sangat berpengaruh dalam perkembangan teknologi,
seperti :
1.
Dalam Bidang Medis
Berkembangnya teknologi kedokteran menjadikan
pengobatan kanker yang tadinya menggunakan kemoterapi (yang sakitnya minta
ampun), beralih ke pengobatan dengan high energy inonizing radiation yang
relatif lebih cepat, lebih efektif dan lebih nyaman (meskipun lebih mahal), salah
satunya sinar-X, karena tidak mungkin tubuh manusia di bongkar pasang.
Lantas, dimana matematika berperan? Matematika
berperan dalam menghitung volume kanker dan koordinat-koordinatnya dengan
penerapan kalkulus (bisa integral cakram, cincin, lipat 2, bahkan lipat 3),
karena umumnya sel kanker tidak mungkin bebentuk prisma, tabung, kerucut atau
limas yang mudah sekali dihitung volumenya.
Pasca itu dokter spesialis onkologi radiasi akan
menghitung persamaan intensitas laser yang digunakan (salah hitung bias bahaya,
misal kasus pada kanker payudara, kalau salah beberapa mm saja, atau
intensitasnya kelebihan sedikit ada peluang kena jantung tuh laser, kalau
intensitas kurang, sel kanker mungkin bisa jadi kebal). Memang tidak semua
dokter spesialis onkologi radiasi dibantu oleh ahli dosimetri, yang
matematikanya jago banget.
2.
Dalam Bidang Pemrograman
Maraknya game online sepuluh tahun terakhir ini
menjadi alternative pemasukan yang luar biasa bagi anak muda yang menggeluti
bidang ini dengan baik. Dalam matematika teori permainan mengalami perkembangan
super pesat pasca John Nash Meraih Nobel pada 1994, beliau mencipatakan model
matematika sistem otomasi yang akhirnya begitu berkembang saat ini.
Karya beliau memberikan inspirasi baru bagi
dunia game yang akhirnya lahirlah Winning
Eleven, oleh perusahan elektronok raksasa Jepang, SONY. Karya beliau telah
berkembang luar biasa dan diterapakan ke dalam banyak sisi otoasi komputerisasi
jaman sekarang, termasuk transformasi geometri digital yang dihadirkan oleh
Steve Jobs pada produk-produknya.
D.
Manfaat Mempelajari Matematika
Mempelajari matematika sangat bermanfaat bagi semua kalangan, beberapa
contoh manfaat tersebut adalah
1.
Ilmu statistika : dapat digunakan untuk mengetahui
banyaknya formasi tim bola voli,
2.
Dimudahkan dalam membuat rancangan atau pola bangunan,
3.
Dengan logika matematika kita dapat berfikir secara
logis,
4.
Dengan matematika kita dapat sukses,
5.
Tidak dapat dibohongi orang yang lebih pintar dari
kita,
6.
Melatih konsentrasi dan logika.
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Berdasarkan uraian-uraian yang tertulis diatas
sebenarnya matematika adalah dasar dari segala ilmu dan matematika adalah ilmu
eksak atau ilmu pasti yang artinya adalah ilmu yang jawabannya hanya satu.
Sebenarnya mempelajari matematika tidak sulit karena kita hanya membutuhkan
niat, konsentrasi, logika, keterampilan berhitung, berfikir secara kritis dan
lain-lain.
Dengan mempelajari matematika kita tidak rugi karena
matematika sangat berguna bagi kehidupan kita sehari-hari, seperti menghitung
uang hingga dalam bidang medis. Dan matematika sangat berpengaruh dalam
perkembangan teknologi, sehingga dengan mempelajari matematika kita tidak
mungkin ketinggalan zaman.
B.
Saran
Apabila seseorang sulit dalam mempelajari matematika
ada beberapa tips yang dapat membantunya :
1.
Pahami materi dan rumus-rumus yang penting,
2.
Kelompokkan rumus-rumus yang sudah ada,
3.
Mulai membaca soal yang disertai pembahasan,
4.
Mengerjakan soal pada no. 4 tanpa melihat pembahasan,
5.
Latihan mengerjakan soal yang tipenya sama seperti no.4,
6.
Terus berlatih soal-soal,
Jangan terpusat pada satu buku, karena pembahasan buku
satu dengan yang lain berbeda. Jadi berusahalah mencari sumber-sumber
referensi.
DAFTAR
PUSTAKA
Widya, Yitno Drs. Dkk. 2011. Matematika
SMA/MA XB. Semarang:
CV. Jabbaar Setia.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar