Sabtu, 27 Oktober 2012

Bab I PENDAHULUAN

BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Pelajaran matematika sudah menjadi momok bagi kalangan pelajar di Indonesia. Apalagi ditambah dengan guru yang mengajarkan sangat tidak enak. Maka siswa merasa bahwa dirinya sedang mengalami suatu masalah yang sangat mengerikan. Kebiasaan para siswa tersebut kini membudaya, mengakar dan menjadi suatu kepercayaan bahwa “matematika adalah musuh” dan ada yang beranggapan bahwa “matematika adalah setan”.
Sebenarnya matematika bukan pelajaran yang menakutkan, melainkan contoh phobia atau rasa takut terhadap matematika. Rasa takut tersebut dapat diartikan bahwa seseorang takut mengerjakan soal matematika karena ia takut akan kegagalan atau salah.sehingga seseorang harus mempunyai keberanian dan percaya diri agar dapat mengerjakan soal matematika.selain itu juga para siswa harus ada niatan untuk berlatih soal-soal matematika agar dapat menguasai teknik-teknik mengerjakan matematika secara mudah.
Faktor yang lain yang mempengaruhi siswa takut akan matematika adalah guru. Guru sangat berpengaruh terhadap daya tangkap siswa. Mungkin saja gurunya kurang pintar dalam menerangkan, tidak berwibawa, tidak menyenangkan dan sifat-sifat buruk lainnya yang membuat siswa menjadi bosan. Menanggapi perihal tersebut ingatlah bahwa “guru juga manusia”. Seandainya di dalam kelas belum mampu menangkap apa yang diajarkan, maka siswa harus berperan aktif, seperti berani untuk bertanya atau tidak bertanya kepada guru lain di luar sekolah.
Untuk mengatasi masalah-masalah yang terangkum diatas maka dibuatlah makalah ini yang nantinya akan menerangkan tentang pengertian matematika, pengaruh matematika terhadap kehidupan sehari-hari, dan peranan matematika dalam perkembangan teknologi. Sehingga para pembaca mengetahui arti penting matematika.
Dengan membaca makalah ini diharapkan para siswa atau pembaca lain tidak beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sangat sulit dan siswa harus menganggap bahwa matematika itu menyenangkan.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah pengertian matematika itu?
2.      Apakah rumus matematika yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari?
3.      Apakah pengaruh matematika dalam perkembangan teknologi?
4.      Apakah manfaat mempelajari matematika?

C.     Tujuan
Penulisan makalah ini didasarkan pada tujuan tertentu yang dibagi menjadi 2, yaitu :
1.      Bagi Penulis
a.       Mengetahui metode penulisan makalah yang benar,
b.      Mengetahui pengertian matematika,
c.       Mengetahui rumus matematika yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari,
d.      Mengetahui pengaruh matematika dalam perkembangan teknologi,
e.       Mengetahui manfaat mempelajari matematika,
f.        Memenuhi tugas pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.
2.      Bagi Pembaca
a.       Mengetahui pengertian matematika,
b.      Mengetahui rumus matematika yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari,
c.       Mengetahui pengaruh matematika dalam perkembangan teknologi,
d.      Mengetahui manfaat mempelajari matematika.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar