BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pelajaran matematika sudah menjadi momok bagi kalangan
pelajar di Indonesia.
Apalagi ditambah dengan guru yang mengajarkan sangat tidak enak. Maka siswa
merasa bahwa dirinya sedang mengalami suatu masalah yang sangat mengerikan.
Kebiasaan para siswa tersebut kini membudaya, mengakar dan menjadi suatu
kepercayaan bahwa “matematika adalah musuh” dan ada yang beranggapan bahwa
“matematika adalah setan”.
Sebenarnya matematika bukan pelajaran yang menakutkan,
melainkan contoh phobia atau rasa takut terhadap matematika. Rasa takut
tersebut dapat diartikan bahwa seseorang takut mengerjakan soal matematika
karena ia takut akan kegagalan atau salah.sehingga seseorang harus mempunyai
keberanian dan percaya diri agar dapat mengerjakan soal matematika.selain itu
juga para siswa harus ada niatan untuk berlatih soal-soal matematika agar dapat
menguasai teknik-teknik mengerjakan matematika secara mudah.
Faktor yang lain yang mempengaruhi siswa takut akan
matematika adalah guru. Guru sangat berpengaruh terhadap daya tangkap siswa.
Mungkin saja gurunya kurang pintar dalam menerangkan, tidak berwibawa, tidak
menyenangkan dan sifat-sifat buruk lainnya yang membuat siswa menjadi bosan.
Menanggapi perihal tersebut ingatlah bahwa “guru juga manusia”. Seandainya di
dalam kelas belum mampu menangkap apa yang diajarkan, maka siswa harus berperan
aktif, seperti berani untuk bertanya atau tidak bertanya kepada guru lain di
luar sekolah.
Untuk mengatasi masalah-masalah yang terangkum diatas
maka dibuatlah makalah ini yang nantinya akan menerangkan tentang pengertian
matematika, pengaruh matematika terhadap kehidupan sehari-hari, dan peranan
matematika dalam perkembangan teknologi. Sehingga para pembaca mengetahui arti
penting matematika.
Dengan membaca makalah ini diharapkan para siswa atau
pembaca lain tidak beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sangat
sulit dan siswa harus menganggap bahwa matematika itu menyenangkan.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apakah pengertian matematika itu?
2.
Apakah rumus matematika yang digunakan dalam kehidupan
sehari-hari?
3.
Apakah pengaruh matematika dalam perkembangan
teknologi?
4.
Apakah manfaat mempelajari matematika?
C.
Tujuan
Penulisan makalah ini didasarkan pada tujuan tertentu
yang dibagi menjadi 2, yaitu :
1.
Bagi Penulis
a.
Mengetahui metode penulisan makalah yang benar,
b.
Mengetahui pengertian matematika,
c.
Mengetahui rumus matematika yang digunakan dalam
kehidupan sehari-hari,
d.
Mengetahui pengaruh matematika dalam perkembangan
teknologi,
e.
Mengetahui manfaat mempelajari matematika,
f.
Memenuhi tugas pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi.
2.
Bagi Pembaca
a.
Mengetahui pengertian matematika,
b.
Mengetahui rumus matematika yang digunakan dalam
kehidupan sehari-hari,
c.
Mengetahui pengaruh matematika dalam perkembangan
teknologi,
d.
Mengetahui manfaat mempelajari matematika.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar